Penempatan Taman Dalam Rumah Yang Sempit

11:46 PM

Taman memberikan ruangan yang lega dalam sebuah rumah. Tapi bagaimana mungkin menempatkan sebuah taman jika ruangan yang sudah ada begitu sempit? Taman tidak perlu pada ruangan yang luas tetapi bisa juga di ruangan yang sempit asalkan penempatannya 'matching' dengan ruangan yang lain.
Untuk mengakali hal demikian kita bisa menempatkannya pada ruang 'tidak terpakai' tanpa mengurangi fungsi dari taman itu sendiri. Ruangan itu bisa berukuran kurang lebih 1x1,5 m. Penempatan cahaya bisa dibuat di bawah void dengan cahaya langsung matahari dan bisa juga tanpa cahaya matahari. Tanaman yang ditempatkan bisa tanaman asli atau dari bahan sintetis yang banyak dijual di pasaran.

Penempatan taman bisa dibuat di :
1. Lorong rumah
Lorong atau gang rumah mempunyai fungsi sebagai jalan alternatif dari luar ke dalam rumah. Biasanya berfungsi untuk mobilisasi dari garasi ke dapur tanpa mengganggu privasi ruang tamu. Penempatan taman bisa dibuat sepanjang lorong tersebut. Dinding pembatas bisa dibuat dari batu alam atau tanaman merayap.



2. Di bawah Tangga
Biasanya ruang di bawah tangga dibiarkan kosong agar melapangkan pandangan. Keadaan seperti ini berlaku jika tangga bukan berada di dinding batas ruang. Tetapi jika berada di dinding batas rumah sebaiknya diisi dengan taman. Tanaman dibuat dari sintetis dan pencahayaan dari lampu yang tertata baik.

source Houzz


3. Di dinding ruangan
Jika semua ruangan tidak bisa sama sekali dibuat taman jangan khawatir. Solusinya adalah taman di dinding. Alternatif taman ini juga tidak mengurangi fungsi dari taman, hanya saja pembuatan dan pemeliharaannya sedikit repot dari taman biasa.





You Might Also Like

1 comments

  1. Wah serius ini keren banget. Inspiratif banget artikelnya thanks yaa. Setelah selesai ngdekorasi taman dan halaman depan rumah, kepikiran untuk minta jasa masang vertical garden. Tapi setelah liat ini jadi pengen bikin sendiri haha, toh kayaknya simple.. makasih ya..

    ReplyDelete

Followers