Rencana Membangun Perumahan Type 75/70 (Bagian 2)

1:57 AM

Rencana Anggaran Biaya
Setelah siteplan dan gambar bangunan dibuat maka dibuatlah RAB (Rencana Anggaran Biaya). Dengan RAB, kita sudah membuat spesifikasi dari bangunan rumah. Misalnya pelapis lantai memakai keramik ukuran berapa dan bermerk apa, kusennya apakah dari kayu atau pvc, sampai klosetnya yang duduk atau jongkok. RAB adalah sangat penting dalam merencanakan sebuah bangunan. Oleh karena itu, perhitungan RAB yang dibuat haruslah detail dan bila perlu mempertimbangkan kenaikan harga material 1 atau 2 bulan yang akan datang. 

Time Schedule
Time schedule adalah rencana alokasi waktu untuk menyelesaikan masing-masing item pekerjaan proyek yang secara keseluruhan adalah rentang waktu yang ditetapkan untuk melaksanakan sebuah proyek. Time schedule ini sangat diperlukan karena barometer pekerjaan terletak disini. Kita akan mengetahui rencana kapan dimulai atau selesainya sebuah bangunan.

Cash Flow
Cash flow adalah merupakan sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.
Cash flow juga begitu penting, karena kita dapat merencanakan seekonomis mungkin pembangunan perumahan tersebut. Misalnya, kita dapat merencanakan jika di bulan pertama terjadi penjualan rumah 1 unit, maka hasil penjualan tersebut di bulan berikutnya dapat dipakai untuk membangun rumah berikutnya. 

Pelaksanaan Lapangan
Pelaksanaan lapangan pertama kali yang diterjunkan adalah tim surveyor. Surveyor bertugas memetakan lapangan, misalnya patok batas rumah, jalan dan ketinggian lantai rumah atau jalan. Dari sini, pekerjaan sudah berpatokan kepada time schedule.

Penulis memberi contoh gambar 3D bangunan perumahan dari Rencana Membangun Perumahan Type 75/70 (Bagian 1) di bawah ini.
 Semoga bermanfaat. Salam. 






You Might Also Like

0 comments

Followers